Rabu, 10 November 2010

urgensi peta konsep




Urgensi Peta Konsep
Posted: 5 Mei 2010 by chekie in Peta Konsep Pembelajaran
Tag:pentingnya peta konsep, Urgensi peta konsep dan concept map
0

Ada beberapa urgensi concept map ditinjau dari beberapa kepentingan ide-ide yang berhubungan. Artinya, Concept map merupkan satu bentuk diagram atau gambar visualisasi konsep-konsep yang saling berhubungan, kedua, concept map mampu menunjukkan arti hubungan-hubungan itu dalam bentuk label.

Concept Map Bisa Digunakan Untuk Tekhnik Mengajar:

Ada beberapa kegunaan Concept map sebagai tekhnik mengajar, yaitu:

1. Ia bisa digunakan untuk memperkenalkan mata pelajaran. Ia bisa digunakan guru untuk memperkenalkan mata pelajarannya secara utuh keseluruhan materi dalam satu lembar dalam bentuk gambar dan dalam waktu yang sama.
2. Ia bisa digunakan sebagai dasar untuk merencanakan pemiliha urutan materi perkuliahan. Seorang guru dengan leluasa dapat merencanakan pemiliha secara berurutan konsep-konsep yang akan di sampaikan di dalam proses pembelajaran.
3. ia bisa berpern sebagai satu PANDUAN proses pembelajaran materi-materi perkuliahan, sehingga menjaga TIDAK terjadi kesesatan penyampaian bahan ajar yaitu tidak keluar dari peta perjalanan mata pelajaran.
4. ia juga mendapat konsistensi pengontrolan penyampain materi dan menjaga batas-batas informasi luar masuk kedalam mater-bahan ajar.
5. ia dapat membuat transisi antar unit bahan ajar karena ia dengan mudah dapat menunjukkan letak konsep-konsep sehingga dengan mudah seorang guru dapat membuat skala prioritas penyampain bahan ajar.
6. Daya ingat akan gambar jauh lebih kuat bertahan dalam otak dibandingkan dengan mengingat susunan kalimat.
7. Ia dapat juga beperan untuk meringkas bahan ajar. Karena ia hanya menunjukkan butir-butir penting tentang materi bahan ajar.
8. ia juga dapat digunakan sebagai alat pertimbangan dalam PEMILIHAN strategi-strategi pembelajaran yang tepat. Karena konsep-konsep yang tertera dalam concept mapo dapat juga menunjukkan bobot informasi yang dikandungnya.

- Concept Map Dapat Digunakan Untuk Strategi Belajar Bermakna

Ada beberapa kegunaan Concept map sebagai strategi belajar siswa :

1. Ia dapat sebagai sarana belajar denagn membandingkan konsep map-konsep siswa dengan guru. Seorang guru dapat melakukan evaluasi terhadap sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi-materi perkuliahan yang akan atau/dan telah disampaikan. Karena peta-peta yang telah dihasilkan dapat menunjukkan tingkat penguasaan apa lagi jika dibandingkan dengan concept map yang baru dibuat guru.
2. Ia dapat digunakan sebagai CARA LAIN mencatat pelajaran sewaktu belajar. Siswa dapat menggunakannnya sebagai alternative cara membuat catatan kelas yang biasanya bersifat naratif, kadang relatif panjang dan berpikir linier. Ini belajar aktif INDIVIDUAL.
3. Ia dapat juga digunakan siswa secara INDIVIDUAL sebagai alat belajar dengan membandingkan peta konsep yang dibuat di awal denagn diakhir sebuah kelas. Siswa melakukan penilain mandiri terhadap sejauh mana penguasaan terhadap BAHAN AJAR dengan mencoba melihat perbedaan antara dua peta konsep yang dibuat di awal perkuliahan dengan di akhir perkuliahan.
4. Concept map dapat meningkatkan DAYA INGAT siswa dalam belajar. Siswa belajar semakin efektif dan efisien karena siswa belajar berpikir reduktif dengan merangkum informasi yang banyak ke dalam konsep-konsep utama yang saling berhubungan ke dalam sebuah diagram atau gambar yang mengcover keseluruhan konsep-konsep yang dipelajari. Daya ingat pikiran kan sebuah gambar jauh lebih kuat dibandingkan dengan mengingat sebuah susunan kalimat.

- Guna Concept Map Dalam Pembelajaran

Disampin urgensi di atas, Concept Map dapat juga digunakan dalam pembelajaran bila dilihat dari SEBELUM dan SESUDAH siswa mengetahui tekhnik pembuatannya. Seorang guru mungkin menggunakan Concept Map sebagai tekhnik untuk beberapa kesempatan, (sebelum siswa mengetahui langkah-langkah membuat konsep map), yaitu:

1. Persiapan desain materi untuk semester. Anda akan menemukan Concept map dapat mempetakan konsep-konsep utama yang akan diajarkan selama satu semester dengan menunjukkan organisasi konseptual mata pelajaran. Cuma Concept map ini tidak mencatumkan konsep-konsep kecil atau minor.
2. Persiapan mengajar persepsi. Mempetakan konsep-konsep informasi yang akan diajarkan di dalam pertemuan-pertemuan akan membantu guru menghubungkan rincian BAHAN AJAR ke dalam bingkai konsep utama.
3. Persiapan mengajar per-topik bahasan. Pembuatan peta konsep pertopik bahasan mata pelajaran akan membantu guru menunjukkan kepada siswa letak hubungan konsep-konsep per-topik ke atau dengan bingkai konsep utama khususnya dalam pertemuan per-sesi kelas.
4. Menghubungkan sesi kelas dengan tutorial, laboratorium atau studi tour misalnya atau seminar. Kegiatan tutorial, laboratorium dan seminar-seminar adalah kegiatan yang menjabarkan atau memperjelaskan atau memperluas atau memperdalam materi-materi yang didapatkan sewaktu kelas. Concept map akan membantu siswa memahami hubungan penting antara kelas di dalam kelas dengan kegiatan tutorial, laboratorium atau seminar-seminar. Contoh: Concept map kan menjelaskan posisi antara kelas teori di dalam kelas dengan praktek di laboratorium.
5. Menghubungkan kelas sebelumnya dengan kelas yang akan diajarkan. Concept map dapat digunakan untuk menunjukkan urgensi dan posisi hubungan konsep-konsep yang akan diajarkan. Sehingga siswa akan lebih mudah mengikuti materi pelajaran karena mereka mencoba memahami hubungan antara konsep-konsep yang berhubungan.

Apabila siswa telah mengetahui cara membuat concept map, seorang guru dapat memanfaatkannya untuk beberapa kesempatan aktifitas pembelajaran:

1. Membuat rangkuman teks bacaan sebagai alternatif cara belajar seorang guru mungkin meminta siswanya untuk membuat satu rangkuman dalam bentuk concept map hasil bacaan mereka dari sejumlah buku yang ditentukan untuk dibaca. Bahakn anda mungkin meminta concept map siswa sebelum mulai kelas. Hal ini akan mendorong siswa membaca sebelum kelas.
2. Menentukan pemahaman sebelumnya. Sebelum anda mengajarkan sebuah topic, anda mungkin meminta siswa membuat sebuah concept map tentang sejumlah konsep untuk memastikan anda sejauh mana siswa telah mengetahui topik itu. Keperdulian guru terhadap prior knowledge siswa membuat guru mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa.
3. Melokasi kesalahan pengertian. Dengan meminta siswa membuat satu concept map sebelum atau sesudah diajarkan materi-bahan ajar dapat memberi perhatian kepada anda (guru) tentang kesalahan-pahaman ini dapat juga digunakan untuk memberi informasi kepada sesi kelas berikutnya.
4. Mengembangkan rangkuman tugas-tugas semester. Setelah siswa anda memahami mata pelajaran yang dikembangkan, pengetahuan mereka semakin berkembang dan mereka akan dapat membuat koneksi-koneksi antara konsep-konep. Concept map mereka akan memantulkan perkembangan pemahamannya.
5. Merangkum catatan-catatan ceramah kelas. Dengan tekhnik concept map ini mendorong siswa mem-peta-kan catatan-catatan kelasnya. Demikian itu membuat siswa merasa bertanggungjawab terhadap belajarnya.
6. membuat kertaskerja-kertas kerja. Kadangkala siswa menemukan kesulitan dalam merencanakan dan mengurutkan informasi yang mereka akan sajikan dalam sebuah tugas kelas. Denagn mem-peta-kan tugas itu dapat membantu mereka mengurutkan materi dan melahirkan satu makalah yang utuh dan koheren.
7. Evaluasi dan penilaian. Anda mnugkin meminta mahasiswa mem-peta-kan sejumlah konsep sebagai bagian dari ujian, kuis, atau ujian (dibawa pulang0. menurut Concept map adalah salah satu tekhnik diagnostik yang ekselen.

http://kiflipaputungan.wordpress.com/2010/05/05/urgensi-peta-konsep/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar