Rabu, 10 November 2010

keunggulan peta konsep

Keunggulan Peta konsep atau Concept Map
Posted: 5 Mei 2010 by chekie in Peta Konsep Pembelajaran
Tag:Keunggulan peta konsep concept map

1. a. Keuggulan Concept Map

Keunggulan CONCEPT MAP terletak pada pemahaman yang terwakili di dalam concept map yang dihasilkan, pada proses pembuatan concept map-concept map, dan di dalam potensi proses memfasilitasi satu hubungan yang lebih antara guru dengan siswa.

1. Berbagi Pemahaman:

CONCEPT MAP adalah satu tekhnik pendidikan yang penuh kekuatan karena baik siswa maupun guru dapat membuat dan berbagi concept map-concept map agar tercipta berbgai pengertian/pemahaman tentang topic. Dalam realitas, sesorang mungkin berusaha menjelaskan struktur kognisinya denagn banyak cara, termasuk narasi bicara, ringkasan tertulis, dan pembicaraan formal dan informal. Keterbatasan format-format itu terletak pada garis lurus yang membatasi kapasitas untuk menggambarkan secara utuh hubungan-hubungan yang dibuat seseorang antara dan diantara konsep-konsep. Denagn sebuah CONCEPT MAP, hubungan diantara dan antara secara eksplisit dinyatakan dan semua inter-koneksi diantara satu konsep dengan yang lain di dalam peta konsep dapat dilihat pada sekaligus.

1. Proses Pembuatan CONCEPT MAP

Proses aktualisasi pemetaan konsep-konsep menuntut individu untuk menetukan hirarki konsep-konsep, memilih konsep-konsep untuk disaling-hubungkan , dan melukiskan tabiat yang tepat kesaling-hubungan diantara konsep-konsep itu. Sesaat menghasilkan sebuah peta konsep, ini adalah sebuah proses actual pengkonstruksian peta yang mendororng siswa mengkonstruksikan arti-arti.

1. Hubungan

Concept Map dapat membantu memfasilitasi hubungan yang lebih sepadan antara guru (yang lebih berkuasa) dengan siswa (yang kurang berdaya). Dalam pandangan siswa, ada dua potensi penting dalam satu keadaan yang kurang berdaya dari pada guru yang lebih berkuasa; 1) menahan usaha-usaha hegemonitas guru, dan 2) melepaskan semua tuntutan untuk berkuasa, melepaskan pengawasan (kontrol) dan rasa tanggungjawab hanya semata di tangan guru. Proses pemetaan konsep memberikan siswa sejumlah kemerdekaan. Mengurangi kemungkinan siswa melawan dan mensabotase atau tergantung pasif.

http://kiflipaputungan.wordpress.com/2010/05/05/keunggulan-peta-konsep-atau-concept-map/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar